Saturday, November 7, 2009

Istilah Bagus dan Jelek



Pernah ga kita ketemu orang yg lagi maen atau di toko sepeda yg terlalu cepat mengambil kesimpulan soal mutu komponen/barang..?. Semisal soal RD Acera yg dibilang lebih jelek dari Deore.

Padahal kalau kita paham tentang group itu sendiri mempunyai hirarki seperti Shimano dan merek komponen lain. Dimana groupset tersebut dibuat untuk disesuaikan dgn kebutuhan/peruntukan. jadI bukan jelek bagusnya.


Semisal XTR buat XC race hingga Acera buat trekking, seperti juga Rock Shox Dart buat lite XC hingga SID buat XC race. Nah kalo RD Acera buat maen DH bias-bisa rontok. Jadi pilihlah sesuai peruntukannya, kalo sekedar XC ngapain beli yg overspec (fork 160mm, frame AM 6 inci, grupset XTR dll)

Sedangkan untuk frame, yg terpenting sebenarnya ukuran yg cocok dengan tubuh kita dengan geometri yg benar.Sedangkan fork bisa dipilih yg entry level tapi cukup mumpuni dan sesuai untuk peruntukannya. Dengan memasukkan persamaan diatas ke dalam pengali Lagrange didapatkan hasil maksimum untuk suatu speda MTB dengan performa mumpuni dan harga terjangkau

Ada juga yang beli karena bujuk rayu pedagang. Karena ada beberapa faktor pedagang yg ga obyektif:

- Pedagang jadul pola pikirnya jualan mulu
- Pedagang gaptek ga kenal internet, ga baca majalah (kalau yg ini apa hubungannya…?)
- Pedagang yg lagi kebanyakan barang dan pengen jual cepat2 hingga diarahkan ke merek tertentu

kuncinya sblm pergi ke toko, bekali dgn ilmu, spesifikasi dan knowledge sebayak2 mungkin ato ajak temen yg bener2 ngerti dan yang memang sudah ahli. Bisa tercermin dari sepeda yang dimiliki….

0 comments:

Post a Comment

About This Blog

Blog Archive

  © Blogger template PingooIgloo by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP