Saturday, November 21, 2009

bersepeda di malam hari?



Banyak yang bilang kalau bersepeda malam hari atau istilahnya buat anak Bikers adalah “ Night Ride” itu bisa kena penyakit paru-paru basah yang di sebabkan keringat yang keluar dari tubuh kena angin malam yang lembab, apalagi kalau pakai kaos oblong saja. Benar ga sich….?
Tapi ada juga yang bilang, itu mah tergantung factor umur dan kekuatan fisik. Kalaupun sudah tua tapi kondisi fisik masih kuat (mungkin dulunya sering macul di sawah….) tetap ok tuch. Dan sebaliknya walaupun umurnya muda tapi kondisi fisik tidak fit (sering begadang, sering sakit-sakitan) pasti keok tuch.

Kalau bersepeda siang hari, keringatnya akan cepat menguap karena kena panas. Sedangkan kalau malam hari keringat tidak cepat kering karena suhu yang lembab. Kalau kondisi tidak fit suhu badan akan menurun dratis dan menggigil. Nah bisa jadi infeksi di paru-paru disebabkan karena daya tahan tubuh menurun.

Hal yang perlu di perhatikan dalam bersepeda pada malam hari :

  1. lebih waspada dengan daerah sekitar Anda, terutama depan, apalagi kalau sepedanya mahal. Fokus/konsentrasi.
  2. ampu depan (yang terang), lampu belakang, + plus reflektor(optional), make ur existence more visible to the other rider.
  3. Pakaian jika di negara tropikal, satu kaos, 1 wind/water proof/resistant vest, jacket kalau kondisi parah seperti dingin, hujan angin/lebat, dll.
  4. ini tergantung Anda jika seorang morning/night person, aturlah penggunaan energi Anda, jangan terlalu kebawa dengan ego.
  5. jangan lupa bawa perlengkapan sepeda (ban dalam, pompa sepeda, batu baterei dll) karena kalau terjadi hal yang tak di inginkan, setidaknya ada perlengkapan yang dibawa.
  6. kalau sendiri, bawa MP3 atau dengarin music biar ga suntuk. Atau kalau ada yang panggil dari belakang di daerah yang sepi kita ga shock atau kaget.
  7. Good Luck.

0 comments:

Post a Comment

About This Blog

Blog Archive

  © Blogger template PingooIgloo by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP